Program Tahunan
Mata Pelajaran : Ilmu
Pengetahuan Alam
Kelas/Semester : VII/1
Satuan Pendidikan : SMP/MTs
SMT |
No.
|
Materi Pokok/Kompetensi Dasar |
Alokasi Waktu |
Ket |
1
|
1.
2.
3.
4.
5.
6.
|
Pengukuran
-
Menerapkan
konsep pengukuran berbagai besaran dengan menggu-nakan satuan standar (baku)
-
Menyajikan
data hasil pengukuran dengan alat ukur yang sesuai pada diri sendiri, makhluk
hidup lain, dan benda-benda di sekitar dengan menggunakan satuan tak baku dan
satuan baku
Klasifikasi benda dan makhluk hidup
-
Mengklasifikasikan
makhluk hidup dan benda berdasarkan karakteristik yang diamati
-
Menyajikan
hasil pengklasifikasian makhluk hidup dan benda di lingkungan sekitar
berdasarkan karakteristik yang diamati
Klasifikasi materi dan perubahannya
-
Menjelaskan
konsep campuran dan zat tunggal (unsur dan senyawa), sifat fisika dan kimia,
perubahan fisika dan kimia dalam kehidupan sehari-hari
-
Menyajikan
hasil penyelidikan atau karya tentang sifat larutan, per-ubahan fisika dan
perubahan kimia, atau pemisahan campuran
Suhu dan perubahannya
-
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme men-jaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
-
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor
Kalor dan perubahannya
-
Menganalisis
konsep suhu, pemuaian, kalor, perpindahan kalor, dan penerapannya dalam
kehidupan sehari-hari termasuk mekanisme men-jaga kestabilan suhu tubuh pada
manusia dan hewan
-
Melakukan
percobaan untuk menyelidiki pengaruh kalor terhadap suhu dan wujud benda
serta perpindahan kalor
Energi dalam sistem kehidupan
-
Menganalisis
konsep energi, berbagai sumber energi, dan perubahan bentuk energi dalam
kehidupan sehari-hari termasuk fotosintesis
-
Menyajikan
hasil percobaan tentang perubahan bentuk energi, termasuk fotosintesis
|
20 JP
20 JP
20 JP
10
JP
10 JP
10 JP
|
|
Jumlah
|
90 JP
|
|||
2
|
6.
7.
8.
9.
10.
11.
|
Sistem
organisasi kehidupan
- Memahami sistem organisasi
kehidupan mulai dari tingkat sel sampai organisme dan komposisi utama
penyusun sel
- Membuat model
struktur sel tumbuhan/hewan
- Interaksi makhluk
hidup dan lingkungan
- Menganalisis interaksi antara makhluk hidup dan lingkungannya serta
dinamika populasi akibat interaksi tersebut
- Manyajikan hasil pengamatan terhadap interaksi makhluk hidup dengan
lingkungan sekitarnya
- Pencemaran lingkungan
- Menganalisis terjadinya pencemaran lingkungan dan dampaknya bagi
ekosistem
- Membuat tulisan tentang gagasan penyelesaian masalah pencemaran di
lingkungannya berdasarkan hasil pengamatan
- Perubahan iklim dan
dampaknya
- Memahami perubahan iklim dan dampaknya bagi ekosistem
- Membuat tulisan tentang gagasan adaptasi/penanggulangan masalah perubahan
iklim
- Mitigasi bencana alam
- Memahami lapisan bumi, gunung api, gempa bumi, dan tindakan pengurangan
risiko sebelum, pada saat, dan pascabencana sesuai ancaman bencana di
daerahnya
- Mengomunikasikan upaya pengurangan risiko dan dampak bencana alam serta
tindakan penyelamatan diri pada saat terjadi bencana sesuai dengan jenis
ancaman bencana di daerahnya
- Tata surya
- Memahami sistem tata surya, rotasi, dan revolusi bumi dan bulan, serta
dampaknya bagi kehidupan di bumi
Menyajikan karya tentang dampak rotasi dan revolusi bumi dan bulan bagi kehidupan
di bumi berdasarkan hasil pengamatan atau penelusuran
|
20
JP
10
JP
10
JP
20
JP
10 JP
15 JP
|
|
Jumlah
|
85
JP
|
Mengetahui
Kepala Sekolah
|
…………………………………
Guru Mata Pelajaran
|
|
________________________
NIP.
|
________________________
NIP.
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar